“DROPBOX” SIMPLE FILE SHARING ONLINE

www.dropbox.com

Safely and seamlessly sync your files with Dropbox. It’s the innovative way to share your files and access them anywhere.

Awalnya saya cuek aja dapet invite dropbox model kayak diatas dari temen di FB, saya pikir palingan ini juga aplikasi biasa di FB. Tapi kebetulan pas lagi butuh untuk sharing file sama temen yang lagi ada nun jauh di pulau sebelah timur Indonesia, jadi iseng-iseng coba-coba pake provider online sharing ini.

Awalnya saya klik aja linknya terus masuk ke websitenya, dari situ saya coba create account dengan masukin alamat email sama nama lengkap. Just It!  ya, untuk create account dropox ini asli saya bilang simple banget dan gak perlu berlete-lete eh bertele-tele kayak register di web-web lain yang pernah saya coba. Setelah register yang perlu dilakukan adalah tinggal download software dropbox yang fungsinya nanti dipake untuk upload file dari pc kita.

Setelah download selesai tanpa basa-basi lagi langsung saya instal softwarenya. Setelah instal selesai, secara otomatis akan tercreate folder dropbox di My document kayak gambar berikut :

Nah di dalem file dropbox itu ada lagi subfolder photos dan public. Yang paling asik adalah klo kita mau sharing atau upload file cukup copy file kita dan paste di dalem forder itu dan secara otomatis klo pc kita terkoneksi dengan internet file itu akan terupload ke account dropbox di internet kita tanpa harus pake ‘birokrasi’ yang panjang. ‘Birokrasi’ yang saya maksud adalah mesti nunggu time counter, masukin captcha dll.. dll.. It’s so simple! Isn’t it ?

Nah gambar diatas adalah contoh isi folder tempat saya upload file. Untuk file yang udah selesai di upload akan ditandai dengan centang hijau, untuk file yang masih proses upload ditandai dengan panah berbentuk lingkaran warna biru. Nah klo udah selesai upload dan pengen sharing link download ke temen tinggal copy public link terus tinggal paste aja dah. Nah klo kita mau ngecek file yang udah di upload di account dropbox kita tinggal login aja dah.

Untuk proses dowload filenya juga relatif simple tanpa harus lewat ‘birokrasi’ panjang lebar. Cukup buka linknya dan akan langsung keluar window download sbb :

Asik gak tuh…?? pokoknya simple banget dah..

Selidik punya selidik ternyata dropbox ini adalah web-based file hosting service yang udah menggunakan konsep cloud computing yang saat ini lagi ngetrend. Layanan yang disediain diantaranya adalah file storage gratisan dengan kapasitas 2 GB, dan paket berbayar dengan pilihan kapasitas storage 50 GB ($9.99 dolar/bulan) atau 100 GB ($19.99/bulan).

Monggo dicoba. Semoga bermanfat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: